Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday, May 15, 2013

Profesi IT "Web Developers & Designer"

Jenis profesi pada bidang IT yang saya inginkan adalah Web Developer dan Design. Alasan mengapa saya menginginkan profesi tersebut, karena saya sedikit banyak menguasai dalam bidang web development. Untuk saat ini saya sendiri masih berusaha mengembangkan ilmu web development dan design.


Apa saja yang dilakukan dalam profesi Web Developmetn dan Design, diantaranya : 



  1. Mendesain, membangun, atau memelihara situs web, menggunakan authoring atau bahasa scripting, alat penciptaan konten, alat manajemen, dan media digital.
  2. Meakukan atau update situs web langsung.
  3. Menulis, desain, atau mengedit konten halaman web, atau yang lain langsung memproduksi konten.
  4. Berunding dengan tim manajemen atau pengembangan untuk memprioritaskan kebutuhan, menyelesaikan konflik, mengembangkan kriteria konten, atau memilih solusi.
  5. Back-up file dari situs web untuk direktori lokal untuk pemulihan instan dalam kasus masalah.
  6. Mengidentifikasi masalah yang ditemukan oleh umpan balik pengujian atau pelanggan, dan memperbaiki masalah masalah atau merujuk pada personalia yang tepat untuk koreksi.
  7. Evaluasi kode untuk memastikan bahwa itu adalah sah, benar terstruktur, memenuhi standar industri dan kompatibel dengan browser, perangkat, atau sistem operasi.
  8. Menjaga pemahaman teknologi web saat ini atau praktek pemrograman melalui melanjutkan pendidikan, membaca, atau partisipasi dalam konferensi profesional, workshop, atau kelompok.
  9. Menganalisis kebutuhan pengguna untuk menentukan persyaratan teknis.
  10. Mengembangkan atau memvalidasi tes routine dan jadwal untuk memastikan bahwa uji kasus meniru antarmuka eksternal dan alamat semua jenis browser dan perangkat.


Karakteristik Web Developer / Web Designer :
Web developer ataupun web designer merupakan dua profesi yang sedikit berbeda. Seorang web developer dikhususkan untuk melakukan pemrograman aplikasi web dan sedikit memahami design sebuah web. Sedangkan web designer lebih memfokuskan pada design atau tampilan dari sebuah web, namun juga harus mengetahui dasar-dasar pemrograman web seperti html, php, xml, dll.

Namun kebanyakan saat ini, kedua profesi tersebut dapat dilakukan oleh satu orang, sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih efisien walaupun menyita banyak pekerjaan untuk sendiri.

Perbandingan profesi dengan negara lain
Tentunya setiap negara memiliki aturan dan kebiasaan yang berbeda mengenai profesi, terutama profesi IT. Untuk itu saya memberi tahu perbandingannya dengan negara terdekat kita.

Singapore
Pada model Singapore juga dilakukan pembagian berdasarkan tingkatan senioritas. Misal pada System development dibagi menjadi:
  1. Programmer
  2. Analyst/Programmer
  3. Senior Analyst/Programmer
  4. Principal Analyst/Programmer
  5. System Analyst
  6. Senior System Analyst
  7. Principal System Analyst

Malaysia
Model Malaysia ini mirip dengan model Singapore, juga membedakan posisi pekerjaan pada berbagai sektor bisnis. Tetapi berbeda dalam melakukan ranking senioritas, misal untuk System Development:
  1. Programmer
  2. System Analyst/Designer
  3. System Development Executive

0 comments:

Post a Comment