Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sunday, October 7, 2012

TELEMATIKA INDONESIA



Definisi
Telematika yang berasal dari bahasa Perancis “TELEMATIQUE” adalah berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Telematika berasal dari perpaduan dua kata, Telekomunikasi dan  Informatika. 

Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu .
Selaras dengan pengertian telematika sebagai sarana komuikasi jarak jauh, maka fungsi dari telematika antara lain :
  • Penyampai informasi. Telematika digunakan sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan Komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
  • Sarana Kontak sosial hidup bermasyarakat. Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan; keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.
Perkembangan Telematika di Indonesia
Perkembangan Telematika di Indonesia mengalami tiga periode berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat. Periode pertama adalah periode rintisan yang berlangsung akhir tahun 1970-an sampai dengan akhir tahun 1980-an. Periode kedua disebut pengenalan, rentang waktunya adalah tahun 1990-an, dan yang terakhir adalah periode aplikasi yang dimulai tahun 2000. 
  1. Periode rintisan
    Pada tahun 1970 perkembangan telematika di Indonesia sangat terbatas karena perhatian yang minim dari pemerintah dan pasokan listrik yang terbatas pada saat itu. Sehingga Indonesia tidak perduli dengan perkembangan telematika. Memasuki tahun 1980, penggunaan teknologi telematika di Indonesia masih terbatas. Sarana kirim pesan seperti yang kita kenal saat ini yaitu email yang dirintis pada tahun 1980. Sejak periode rintisan inilah beberapa orang di Indonesia belajar menggunakan telematika.
  2. Periode pengenalan dan pengembangannya
    Teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat mulai mengenalnya. Jaringan radio amatir pada awal tahun 1990 mulai ramai. Pada sisi lain, milis yang mulai digagas sejak tahun 1980, terus berkembang seiring dengan berkembangnya telematika di Indonesia.
  3. Periode aplikasi dimulai
    Merupakan munculnya era dunia digital untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas untuk mulai dilaksanakan dan diaplikasikan. Semua itu dapat berlangsung lancar, dengan tersedianya sarana transportasi, kota-kota yang saling terhubung, dan industri telematika dalam negeri yang terus berkembang.
Contoh Penggunaan Telematika
Salah satu contoh yang sangat populer hingga kini digunakan adalah Internet. Dengan internet seluruh orang mampu berkomunikasi tanpa memikirkan jarak mereka. Internet memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, seperti layanan email, video chat, social network, cloud computing dan lain-lain. Perkembangannya kini pun sangat cepat, koneksi Internet yang dulu sangat mahal sekarang makin menurun dan dapat diperoleh siapa siaja dengan harga yang terjangkau, dan kini kecepatan internet sudah semakin cepat dari dulu.

Kemudian contoh lainnya adalah GPS (Global Positioning Satellite). Fungsinya adalah untuk memberikan panduan arah, atau penunjuk lokasi pada peta digital. Sehingga memudahkan seseorang untuk berpergian ke tempat yang tidak diketahui.

Harapan Perkembangan Telematika
Perkembangan yang saya harapkan adalah perbaikan diseluruh layanan komunikasi di Indonesia. Termasuk layanan Internet, seperti koneksi dan kecepatan internet yang diperbaiki dan dimanfaatkan semaksimal sehingga seluruh orang nyaman dalam penggunaannya. Dan tentunya diharapkan internet secepatnya masuk keseluruh tempat termasuk pelosok-pelosok daerah.

Diharapkan banyak perusahaan telekomunikasi yang berinovasi untuk membuat layanan-layanan komunikasi baru kedepannya nanti dengan diiringi perbaikan sektor komunikasi Indonesia.

1 comments:

andiny oktariana said...

hei kawan .. Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
untuk setiap kategori. link
http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755



makasi :)

Post a Comment