Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday, October 17, 2012

Laporan Lengkap MSI MOA 2012 World Wide Grand Final


Gelaran MSI MOA World Wide Grandfinal 2012 telah selesai diselenggarakan pada tanggal 28 - 29 September 2012. Perlombaan tersebut telah dimenangkan oleh Team_MPBK asal Korea. Pada kesempatan ini saya akan menyajikan laporan lengkap dari keseluruhan jadwal MSI MOA 2012 ini. Mulai dari jalannya perlombaan, hardware dan benchmark yang digunakan, jalan-jalan mengelilingi kota Taipe, dan OC Workshop bersama para peserta.
Sebelumnya saya akan menjelaskan apakah itu kontes MOA? MOA (Master Overclocking Arena) adalah kompetisi overclocking komputer tingkat internasional yang diadakan oleh produsen hardware MSI. Pada setiap perlombaan MOA, para peserta akan menggunakan hardware produksi MSI, seperti mainboard & kartu grafis MSI.

Perlombaan ini diadakan rutin setiap tahun, dan sudah diadakan sejak tahun 2008 hingga sekarang yang menjadi lomba ke 5 kalinya diadakan (2012). Setiap tahunnya MSI mengundang seluruh overclocker diseluruh dunia melalui berbagai kualifikasi yang diadakan sebelumnya untuk bertanding di final kejuaraan MOA. Setiap pemenang dari pertandingan MOA akan menjadi juara dunia overclocking.
MSI mengklaim bahwa MOA adalah kontes overclocking terbesar saat ini dan menjadi satu-satunya perlombaan yang sangat diminati oleh seluruh overclocker di dunia.

Setiap tahunnya MSI MOA memiliki tema yang berbeda, pada tahun ini temanya adalah “Steel World”. Sebelum mencapai grand final, ada beberapa kualifikasi online yang diadakan pada 3 regional yang berbeda, yaitu :
  • Kualifikasi Amerika (3 Tiket) : 13 April - 1 Mei 2012
  • Kualifikasi EMEA (5 Tiket) : 18 Mei - 14 Juni 2012
  • Kualifikasi APAC (4 Tiket) : 15 Juni - 12 Juli 2012
Selain melalui kualifikasi berdasarkan region diatas, MSI bekerjasama dengan Futuremark mengadakan kompetisi online LOC (Lord Of Overclocking) 2012 yang berhadiahkan 3 tiket menuju Grand Final MSI MOA 2012. Sehingga total jumlah tiket menuju grand final MSI MOA 2012 sebanyak 16 tiket (dengan tambahan 1 tim pemenang MSI MOA 2011).

PESERTA MSI MOA 2012 World Wide Grand Final

Inilah daftar peserta MSI MOA 2012 Grand final setelah melalui serangkaian kualifikasi online dari tanggal 13 April hingga 13 Agustus 2012.

Total peserta MSI MOA 2012 ada 16 tim dari 14 negara yang berbeda. Setiap tahunnya Indonesia rutin berpartisipasi pada final MSI MOA. Bahkan Indonesia pernah menjuarai kompetisi ini pada tahun 2008 melalui overclocker Indonesia yang bernama Ekky (Jengkol) dan Alva (lucky_noob). Pada tahun ini, 5 overclocker dari Indonesia akan mengikuti MSI MOA 2012 Grand Final ini, mereka terdiri dari 2 tim yaitu JagatReview.com - I.R.I.S (Hendra Masli) & lucky_noob (Alva Jonathan), dan JagatReview-Binus CE coldest (HendraWijaya) & bboyjezz (Jesse), sedangkan satu overclocker lagi yaitu Hazzan bergabung dengan overclocker Brazil Rbuass dengan nama tim Fusion Overclocking Team.


Inilah daftar overclocker Indonesia yang pernah berpartisipasi pada ajang kompetisi overclock MSI MOA Grand Final.
Name
Participation
Ekky (Jengkol)
2008, 2009, 2010
Alva (lucky_noob)
2008, 2010, 2012
Hazzan
2009, 2010, 2012
Patar (Jabrigselalu)
2010
Hendra Masli(I.R.I.S)
2011, 2012
Hendra Wijaya (Coldest)
2011, 2012
Jesse (bboyjezz)
2012


Terdapat satu tim dari negara Yunani yang absen menghadiri grand final ini. Tidak diketahui penyebab ketidakhadirannya, namun dari informasi yang saya dapat ada masalah dengan dokumen imigrasi milik mereka.

OVERCLOCKING GEAR

Adapun hardware yang digunakan pada perlombaan ini menggunakan 2 produk dari MSI, yaitu Mainboard MSI BIG BANG-XPOWER II dan Kartu Grafis MSI N680GTX Lightning, serta menggunakan Intel Core i7-3960X Processor Extreme Edition. Dan dibawah ini adalah daftar lengkap hardware yang digunakan untuk MSI MOA 2012 WW Grand Final :


MainboardMSI BIG BANG-XPOWER II
Graphics CardMSI N680GTX Lightning
CPUIntel® Core™ i7-3960X Processor Extreme Edition
MemoryKingston® HyperX Genesis DDR3-2400 2GBx4
HDDWD VelociRaptor® (WD1000DHTZ)
PSUThermaltake® Toughpower XT Platinum 1275W
Gaming KeyboardTt® eSPORT Challenger
Gaming Mouse/Mouse PadTt® eSPORT AZURUES / PYRRHUS
Operating SystemWindows® 7 Ultimate SP1 64-bit & Windows® XP Professional SP3

MSI Big Bang-XPOWER II

Mainboard MSI BIG BANG-XPOWER II merupakan mainboard X79 premium yang dibuat khusus untuk mendapatkan peforma ekstrim. Dari tampilannya terlihat bahwa mainboard ini menggunakan tema Military Class. Tentunya mainboard ini dapat digunakan untuk overclocking extreme, banyak fitur overclock penting yang sudah tertanam pada mainboard ini.
Beberapa fitur utama mainboard MSI BIG BANG-XPOWER II :
  • Xtreme Standard
    Dukungan 4-Way SLI / Crossfire dengan PCI Express Gen 3. Dan dukungan Quad Channel Memory dengan jumlah 8 slot.
  • Xtreme Power Design
    22 Phase PWM Design dengan Digital Power yang mampu memberikan maksimum suplai daya sebesar 770A dengan dua buah konektor 8-pin untuk CPU dan 6-pin untuk VGA.
  • Xtreme Components
    Mainboard ini menggunakan komponen dengan kualitas terbaik seperti DrMOS II, Hi-c CAP, SFC, dan Solid Cap. MSI menyebutnya Military Class II Components
  • Xtreme Overclocking
    Mainboard ini memiliki beberapa fitur penting untuk overclocking, seperti Direct OC, Easy Button 3, V-Check Points, Multi-BIOS II dan PCI-E CeaseFire.
MSI N680GTX Lightning
Kartu grafis MSI N680GTX Ligthning merupakan kartu grafis terbaik didunia saat ini. Dengan label nama Lightning menandakan kartu grafis ini merupakan lini TOP kartu grafis produksi MSI. Kartu grafis ini di disain untuk mengeluarkan seluruh peforma dari NVIDIA GeForce GTX 680 GPU. MSI juga mendisain kartu grafis ini untuk overclocking. Kartu grafis ini dirancang untuk memecahkan beberapa rekor dunia. Banyak fitur tambahan yang ditanamkan MSI didalamnya.
Fitur-fitur penting :
Unlocked Digital Power
  • Unlocked BIOS: Satu klik untuk membuka semua proteksi untuk overclocking ektreme
  • Digital PWM Controller: Lebih stabil dan voltase yang tepat oleh sinyal digital
  • Enhanced Power Design: 2X Power output untuk maksimum potensi OC
GPU Reactor
  • Sebuah alat tambahan (dibelakang GPU) untuk meningkatkan kestabilan saat di overclock.
  • Memberikan 200% kapasitas daya yang lebih besar and menghilangkan gangguan pada power (ripple)
Xtreme Thermal
  • Dust Removal technology pada Twin Frozr IV menjaga tetap bersih dari debu untuk kondisi suhu yang baik
  • Dual Form-in-one Heatsinks memberikan penyaluran panas yang lebih baik dan struktur yang lebih kuat
Military Class III Components
  • MIL-STD-810G standards untuk menjamin kestabilan dan kualitas terbaik
  • Mengadopsi CopperMOS, Hi-c CAP, SSC Golden, and Dark Solid CAP
Selama perlombaan berjalan, MSI menyediakan LN2 dalam jumlah banyak yang digunakan para peserta untuk melakukan overclocking ekstrem.

MSI MOA 2012 World Wide Grand Final (28 September 2012)

MSI MOA 2012 WW Grand Final diselenggarakan pada tanggal 28 September 2012, dan lokasi pertandingan diadakan di NTU Sport Center, Taipe, Taiwan. Tempat yang sama diadakannya grand final MOA tahun yang lalu. Sehari sebelum pertandingan dimulai (27 September 2012) seluruh overclocker telah datang dan menginap di hotel Miramar Garden Taipe.
Inilah lokasi tempat pertandingan MSI MOA 2012 World Wide Grand Final. Dari hotel para peserta berangkat menggunakan bus yang telah disediakan panitia.

Setiba diarena perlombaan, acara dibuka dengan opening ceremony terlebih dahulu, seluruh peserta maju kepanggung.

Dan kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi peraturan lomba oleh salah satu master juri, Tim ‘T_M’ Marshall.

Perlombaan ini dibagi menjadi tiga babak dengan 3 macam software benchmark yang berbeda dengan komposisi skor yang berbeda. Dan inilah jadwal ketiga babak tersebut :

1. Task 1: Super PI 32M (10:30 to 12:30) (Beban skor 40%)
2. Task 2: 3DMark 03 (12:30 to 15:00) (Beban skor 20%)
3. Task 3: 3DMark 11 (15:00 to 18:00) (Beban skor 40%)

Komposisi skor terbesar ada pada Super PI 32M dan 3DMark 11. Dan sesi 3DMark 11 merupakan sesi terlama pada perlombaan tersebut.

Setelah seluruh peserta mendapatkan hardware, mereka menuju meja yang telah ditentukan oleh panitia sebelumnya. Dan peserta diberikan waktu beberapa saat untuk melakukan perakitan dan mentuning hardware mereka sebelum perlombaan dimulai.

Klik untuk memperbesar

Tim Indonesia

JagatReview.com - Lucky_noob & I.R.I.S

Salah satu tim favorit saya dari Indonesia ini termasuk yang paling cepat dalam menyiapakan sistem mereka, terlihat Alva (lucky_noob) sudah mulai melakukan test pada sistemnya, sedangkan Hendra Masli a.k.a I.R.I.S sedang sibuk melakukan hardmod pada kartu grafis MSI N680GTX Lightning untuk persiapan babak 3DMark 03 dan 3DMark 11.

JagatReview-Binus CE - Coldest & bboyjezz

Tim indonesia yang satu ini juga cukup cepat menyiapkan sistemnya yang akan dipergunakan untuk stage pertama Super PI 1.5 32M, sedangkan rekannya bboyjezz a.k.a Jesse sedang menginsulasi mainboard lainnya untuk dipergunakan sebagai sistem keduanya jika sistem pertama mereka bermasalah.

Selanjutnya seluruh peserta melakukan babak benchmark pertama Super PI 1.5 32M selama 2 jam. Pada babak pertama ini Tim HW Gurus ( Montenegro dan Kroasia) menjadi yang tercepat. Skor yang didapatnya adalah 6 m. 8.031 s mengungguli hasil skor Team USA dengan perbedaan hanya 1 detik saja. Selanjutnya untuk posisi ketiga hingga kelima diraih oleh Team_MPBK (Korea), Team Mipmap (Australia), dan ASD Crew (Polandia). Tim JagatReview.com berada di posisi 9, dan tim JagatReview - Binus CE diposisi ke 12.

Pada babak kedua yang menggunakan program benchmark 3DMark 03 terjadi peralihan posisi, tim asal Korea (Team_MBPK) berhasil menjadi posisi pertama. Sebelumnya tim Korea pada babak pertama menempati posisi ketiga. Tim HW GURUS yang sebelumnya memimpin di babak pertama turun menjadi posisi kedua, diikuti Team USA, ASD Crew, dan LAB 501. Tim JagatReview.com dan JagatReview - Binus CE berhasil naik posisi ke posisi 8 dan 9.


Hingga babak ketiga berakhir (3DMark 11), Team_MPBK asal Korea terus memimpin dan berhasil menjadi pemenang MSI MOA 2012 World Wide Grand Final. Diakhir kompetisi Tim Korea tersebut unggul sekitar 2 % dari pesaing terdekatnya Team_USA yang menduduki posisi kedua. Selanjutnya diposisi ketiga diduduki oleh tim ASD Crew. Posisi 4 dan 5 diisi oleh tim HW Gurus dan LAB501 (Romania).


Memang dari awal Team_MPBK (Korea) nampak memiliki peluang besar menjadi pemenang kompetisi ini. Mereka selalu mendapatkan skor tinggi hingga akhir kompetisi.


Salah satu tim Indonesia JagatReview.com menempati posisi keenam. Pada menit-menit terakhir mereka terlihat dapat masuk kelima besar, namun tak bernasib baik. Kemudian tim JagatReview - Binus CE berada di posisi 9. Sedangkan overclocker Indonesia lainnya Hazzan dengan rekan setimnya Rbuass (Brazil) sempat mengalami permasalahan hardware pada babak kedua yang menyebabkan mereka tidak menghasilkan skor, dan akhirnya mereka berada di posisi ke 13.



Selamat kepada Team_MPBK telah menjadi pemenang. Dan saya juga mengucapkan selamat kepada kedua tim Indonesia JagatReview.com (I.R.I.S & lucky_noob) mendapatkan peringkat 6 dan JagatReview - Binus CE (Coldest & bboyjezz) diperingkat ke 9.



VIDEO MSI MOA 2012
Dibawah ini merupakan video cuplikan dari kompetisi MSI MOA 2012 WW Grand Final di NTU Sports.



City Tour & OC Workshop (29 September 2012)

Setelah kompetisi MSI MOA 2012 selesai, MSI mengadakan serangkaian acara seperti City Tour dan OC Workshop yang diadakan sehari setelahnya.

Jadwal untuk City Tour diadakan setelah sarapan pagi dari jam 08.30 - 12.00. Acara ini merupakan opsional bagi para peserta, tujuan dari trip ini adalah menuju Yang-Ming Mountain yang masih berada di kawasan Taipe. Tempat tersebut merupakan kawasan pegunungan di kota Taipe. Butuh waktu sekitar 1 jam untuk mencapai tempat tujuan. Sesampainya disana suhu udara sangat dingin, tercatat berada di suhu 16 derajat celcius. Kawasan ini menyajikan pemandangan pengunungan yang indah dan natural, serta terdapat sebuah kawah yang mengeluarkan gas belerang. Setelah itu kami berkunjung ketempat yang berbeda, namun masih dikawasan Yang-Ming Mountain.

Tepat pukul 12.00 acara City Tour telah selesai, rombongan yang mengikuti acara ini kembali ke hotel Miramar Garden Taipe untuk makan siang. Setelah makan siang ini akan dilanjutkan dengan OC Workshop yang di adakan di lantai 2 Hotel Miramar Garden Hotel.


OC Workshop ini dihadiri oleh seluruh peserta MSI MOA 2012, para staff MSI dan beberapa media. Tersedia 6 meja dengan seperangkat komputer yang digunakan untuk acara OC Workshop. Hardware yang disediakan oleh MSI pada acara OC Workshop ini adalah MSI Z77 Mpower dan MSI N680GTX Lightning. Peserta workshop bebas melakukan uji coba terhadap hardware tersebut, dan panitia juga menyediakan LN2 untuk pengujian overclocking ekstrem.

Acara ini cukup menarik, karena tujuan dari acara ini adalah untuk mendiskusikan seputar hardware MSI tersebut langsung dengan staff MSI. Dengan acara ini, MSI bisa mendapatkan feedback mengenai produk mereka dari para overclocker yang menguji coba hardware mereka saat OC Workshop. Sehingga MSI diharapkan dapat membuat produk terbaik seperti yang diinginkan oleh para overclocker. OC Workshop berakhir pukul 17.30, acara untuk tanggal 29 September 2012 diakhiri dengan makan malam.

Selesai sudah rangkaian acara MSI MOA 2012 World Wide Grand Final yang diselenggarakan pada tanggal 28 - 29 September 2012. Terima kasih kepada MSI beserta seluruh staffnya yang telah memberikan saya kesempatan untuk menghadiri MSI MOA 2012 World Wide Grand Final ini. Ini adalah kunjungan pertama saya ke Taiwan. Banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan disini, seperti bertemu dengan overclocker dari seluruh dunia, dan bertemu dengan staff-staff MSI yang cantik. Saya sangat menikmati seluruh acara MSI MOA 2012 ini. Sekali lagi terima kasih kepada MSI, dan semoga saya bisa mengunjungi Taiwan kembali ditahun depan.

0 comments:

Post a Comment