Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Friday, May 27, 2011

[Review Seadanya] VTX3D HD 5670 (JUNIPER CORE)



Setelah sukses dengan review sebelumnya dengan GTX 550 Ti. Saya iseng mau melakukan review kembali terhadap VGA kelas entry level dari AMD, yaitu VTX3D HD 5670 1GB GDDR5. Ini VGA udah keluar lama, tapi vendornya masih baru. Jadi gpp yah gan ane mau ngereview VGA ini.

VTX3D merupakan vendor VGA yang sebenarnya sudah bermain lama di luar indonesia sana. Namun untuk di dalam negeri, vendor ini masih merupakan pemain baru.




Oke lanjut ke VGAnya. Pasti ada pertanyaan dari agan-agan.

"Kok HD 5670 pake GPU JUNIPER? Bukannya pake GPU Redwood yah gan?"
"Kok HD 5670 agan pake konektor 6 pin yah? apakah lebih boros?"

Oke nanti pada bagian akhir akan saya jelaskan mengapa ada HD 5670 menggunakan Juniper Core.

Pada review lanjutan kami, kami masih menggunakan RIG yang sama pada saat mereview GTX 550 Ti kemarin, agar hasilnya nanti bisa kita bandingkan dengan HD 5670 ini.

Spesifikasi :
• AMD Phenom II X4 945 (3.6Ghz 240 x 15)
• CM Hyper TX3
• Gigabyte MA770-UD3 (NB 2.4Ghz, HT 1.9 Ghz)
• CM2X1024-6400 2*1GB (masih DDR2 )
• seasonic s12-620watt
• LG flatron 18,5"
• Windows 7 Ultimate SP1
• AMD Catalyst 11.4 Preview

*RIG yang saya gunakan merupakan rig pribadi, biar tidak terlalu bootleneck saya lakukan oc harian.
Lebih jelasnya tentang spesifikasi RIG saya :

saya lupa bikin screenshoot waktu memakai HD 5670, jadinya make screenshoot waktu review GTX 550 Ti, yang berbeda hanya settingan HT LINK untuk review ini jalan pada 1.9Ghz (kenapa beda? gw juga baru liat di screenshoot hasil benchmark, jadi gw lupa naikin HT LINKnya yg di review sebelumnya jalan di 2.1Ghz. Tapi gapapa lah, liat aja hasilnya nanti.

Untuk penampakan VTX3D HD 5670 :
GPUZ :

HD 5670 :
Terlihat adanya konektor 6 PIN pada ujung PCB yang biasanya tidak terdapat pada HD 5670 lainnya.

Box :

Oke mari kita liat benchmarknya, sebelum saya tampilkan hasilnya saya menggunakan 2 settingan pada VGA tersebut :
1. Default GPU Core 775 Mhz, Memory Clock 3800Mhz
2. OC GPU Core 900Mhz, Memory Clock 4600Mhz

SHOW TIME….
Pertama saya benchmark menggunakan software benchmark syntetis. Namun berhubung monitor yang saya pakai hanya maximum resolusi 1360x768, maka saya tidak menggunakan 3D Mark Vantage

1. 3DMark 2006


2. 3DMark 2011


3. Unigine Heaven Benchmark 2.1 (DX11, tessellation extreme, HIGH , AA 8x)


4. AVP DX11 (Texture Very High, Shadow High, SSAO on, AA4x, AF 16x)


5. RE 5 DX10 (HIGH, (AA lupa berapa yg pasti mentok)


6. DiRT2 (Ultra High, 8xMSAA)


7. F1 2010 (Ultra High, 8x MSAA)


8. Lost Planet 2 DX11 (HIGH 8x MSAA)


Oke lanjut ke pengetesan suhu, pasti penasaran dengan heatsink yg terlihat simple ini. Bagaimana suhu yang dapat ditekan. Oke, agan bisa liat tabel dibawah ini (pengetesan menggunakan furmark):


Terlihat, peforma dari heatsink saat GPU teroverclock mampu menahan suhu tidak lebih dari 70 C jika fan di sett 100%. Lumayan menurut saya lah..

Penjelasan Juniper Core dan Konektor 6 Pin :
Oke seperti yang saya bilang sebelumnya, sebenarnya AMD merilis HD 5670 dalam 2 versi, untuk versi Redwood yang banyak beredar dipasaran, dan Juniper yang saya dapat infornya sebenarnya hanya beredar di pasar China.
Sumber yang saya dapet juga dari kaskus, dari salah satu seller fjb. Ini linknya , dari situ kemudian sya mendapatkan penjelasan lagi di link ini.

Ternyata AMD mengeluarkan versi HD 5670 dengan Juniper Core yang kita tahu ini merupakan GPU yang digunakan pada varian HD 5700. Perbedaan dari versi Redwood dan Juniper ini, adalah pada jumlah SPnya. Dimana HD 5670 Juniper memiliki 640SP, sedangkan HD 5670 Redwood hanya memiliki 400SP.

Kesimpulan :
mohon maaf pertama-tama, dikarenakan perbedaan setting CPU yaitu HT LINK berjalan lebih rendah pada 1.9Ghz yg di review sebelumnya berjalan 2.1Ghz

Saya sendiri tidak menyangka kalo VTX3D HD5670 ini merupakan Juniper Core Based. Awalnya saya sendiri juga terheran-heran dengan adanya konektor 6 pin ini. Ketika saya coba flash menggunakan bios 5750 ternyata gagal

Agan ga perlu takut dengan konektor 6 pin ini. VGA ini hanya meminta Minimum PSU 400 watt Pure. Saya pun mencoba menggunakan PSU ACBEL E2 470 (Pure 420 watt), masih lancar normal walaupun di OC sampe 930Mhz

Overal, untuk resolusi 1360x768 saya sudah puas, dengan sedikit penyesuaian setting pada game. semua game terbaru mampu berjalan normal smooth tanpa lagging.

Hmm sempat saya coba OC lebih tinggi lagi, yaitu pada GPU Core 930Mhz, Memory Clock 4800Mhz, kemudian saya bench menggunakan 3Dmark 2011
dan inilah hasilnya :


P2329 hampir mendekati skor default GTX 550 Ti kemarin yaitu P2481

Dengan harga yg dibanderol sekitar 860rb, ini merupakan HD 5670 1GB GDDR5 TERMURAH dengan GPU JUNIPER!!!

lumayan banget buat seperti saya yg berkantong tipis.

Sekian review singkat dan seadanya ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Mohon cendolnya jika review ini bermanfaat.

Terima Kasih.

Also post : kaskus.us


0 comments:

Post a Comment