Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Friday, May 27, 2011

Connectify "Membuat HOTSPOT Dengan Mudah"


Wifii yang pada saat ini sudah merajalela dimana-mana. Disetiap sudut kota atau tempat-tempat umum sudah mulai dipasang wireless internet seperti ini. Namun untuk membuat sebuah koneksi wireless tidaklah murah bagi sebagian orang, namun saya akan memberi cara murah untuk membuat hotspot sendiri dengan perangkat yang lebih murah. Dengan laptop yang sudah memiliki perangkat wirelesspun anda dapat membuat hotspot sendiri melalui laptop anda. Atau sebuah PC dengan menambahkan Wireless Adapter yang lebih bersahabat harganya anda juga dapet membuat hotspot rumahan.




Posting ini akan menjelaskan bagaimana anda bisa menjadikan Windows 7 sebagai access point dari wireless hotspot dengan biaya murah tanpa perlu membeli peralatan tambahan apa pun. Sebelum Windows 7, anda sudah bisa membuat jaringan wireless ad hoc. Sayangnya tidak semua device bisa terhubung dengan jaringan wireless ad hoc ini. Dengan Windows 7, kini Anda bisa membuat wireless hotspot murah menggunakan access point.

Dengan cara ini anda hanya menggunakan wireless network card yang terpasang pada laptop atau desktop anda out-of-the-box. Tidak ada peralatan tambahan yang perlu anda beli untuk membentuk wireless hotspot ini. Walaupun cara ini bisa anda gunakan untuk membentuk wireless hotspot, tetapi kekuatan sinyal (jangkauan network) yang terpancar langsung dari network card tentunya lebih pendek dibandingkan dengan peralatan khusus yang bisa memancarkan sinyal sampai jarak tertentu. Oleh karena itu penggunaan jaringan wireless hotspot dengan cara ini terbatas untuk keperluan rumahan, atau tempat-tempat yang jangkauannya tidak terlalu luas.

Ikuti cara-cara berikut ini untuk menjadikan Windows 7 Anda sebagai jaringan wireless hotspot murah dengan access point:

Pertama, download aplikasi freeware Connectify. Aplikasi inilah yang bisa memanfaatkan kemampuan wireless network card pada laptop atau desktop Agan dan menjadikannya sebagai access point dari wireless hotspot. Setelah di-download, tentu saja Agan perlu meng-install-nya. Instalasinya sangat mudah karena freeware ini sudah berbentuk installer.

Download disini : http://www.connectify.me/windows.html

Kedua, ikuti Easy Setup Wizard yang disediakan oleh freeware Connectify. Dalam wizard ini Agan akan membentuk jaringan wireless hotspot anda, memberikan nama dan password, lalu menjalankannya.

Done! Anda sudah selesai menjadikan Windows 7 anda sebagai access point wireless hostspot dengan biaya yang sangat murah. Langkah selanjutnya adalah mencoba koneksi hotspot ini dengan laptop anda yang lain, atau dengan handphone anda yang dilengkapi WiFi. Dengan adanya wireless hotspot ini, anda tidak perlu punya lebih dari satu koneksi internet untuk rumah anda. Istri dan anak-anak anda di rumah bisa menggunakan koneksi internet yang sama dengan yang anda gunakan.


0 comments:

Post a Comment